Acara Penutupan IMPACT 2018 di KJRI Melbourne, Australia

Oleh: Nicko Warsono, Staff Charity PPI Australia 2017/2018.

Menandai akhir dari rangkaian kegiatan sosial “Improving Papua and East Nusa Tenggara’s Education” (IMPACT), Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) menggelar acara penutupan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Melbourne, Victoria, Sabtu (7/4). Acara tersebut dihadiri oleh Konsul Jenderal RI untuk Victoria dan Tasmania, Spica Alphanya Tutuhatunewa, dan Konsul Penerangan, Sosial, dan Budaya KJRI Melbourne, Albert Abdi. Di samping itu, hadir pula perwakilan dari PPIA Victoria, PPIA ranting, para duta program IMPACT, serta mitra media.

Dalam acara tersebut, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis dari PPIA kepada sepuluh taman baca mitra sasaran program, yang disaksikan langsung oleh Konsul Jenderal RI untuk Victoria dan Tasmania. Dalam kata sambutannya, Ibu Spica yang berasal dari Ambon mengatakan bahwa program IMPACT yang diinisiasi PPIA ini bagaikan air hujan. Sementara 400 lebih adik-adik yang terbantu bagaikan benih yang tertanam di dalam tanah yang gersang. Seperti hujan yang membasahi tanah yang gersang, program IMPACT telah membantu adik-adik di Timur agar bisa tumbuh dengan subur, karena edukasinya didukung dengan kualitas belajar mengajar yang memadai.

Bantuan yang disampaikan merupakan dana yang terkumpul dari kegiatan penggalangan dana yang dilakukan baik secara daring maupun langsung dari publik, ditambah dengan bantuan dari berbagai perusahaan mitra program. Dalam kurun waktu tiga bulan sejak diluncurkan, IMPACT telah berhasil menggalang dana sejumlah Rp 90.982.352,00. Dana disampaikan langsung kepada lima organisasi nonprofit mitra PPIA yang mengurus sepuluh taman baca penerima manfaat, dengan kewajiban membelanjakan dana untuk peralatan sesuai dengan keperluan taman baca yang telah disetujui oleh PPIA. Adapun lima organisasi nonprofit yang menerima dana bantuan dari IMPACT meliputi Edufor Papua, Kitong Bisa Learning Center, Faimbari House, Omikang, dan Jruk Sumba.

Selain penyerahan bantuan, dalam kesempatan itu, PPIA juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pihak yang terlibat dalam seluruh rangkaian kegiatan IMPACT. Ini termasuk para perusahaan mitra dan media, yang meliputi BNI, Bank Papua, Kompas Gramedia, SBS Radio, Radio Kita, Buset, dan Indo Buletin. PPIA juga menyampaikan terima kasih atas kolaborasi berbagai organisasi PPI dalam mendukung program ini. PPI Dunia, PPIA ACT, PPIA Victoria, PPIA Western Australia, PPIA South Australia, dan PPIA New South Wales telah menjalin kerja sama yang baik dengan membantu promosi di sosial media dan merekrut para duta program IMPACT. Tak dapat dipungkiri, para duta program IMPACT telah memberikan kontribusi yang besar dalam menyebarkan ajakan untuk terlibat dan menggalang dana untuk program ini. Di samping itu, PPIA juga menyampaikan penghargaan kepada mentor kami Dr. Aqua Dwipayana, Sherwin Ufi dan Floranesia Lantang, yang telah membantu menjembatani komunikasi antara PPIA dengan perusahaan mitra dan penerima manfaat.

Dalam beberapa saat ke depan, kami masih akan melakukan pemantauan penggunaan dana oleh organisasi nonprofit mitra kami. Ini sebagai bentuk akuntabilitas dan pertanggungjawaban PPIA terhadap para pihak yang terlibat. Kami akan terus menyampaikan kabar terbaru mengenai program ini melalui situs ataupun media sosial kami.

 

Berikut video testimoni PPIA IMPACT 2018 dari kaka-kaka pengurus dan adik-adik di Papua dan NTT yang terbantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *